BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Penyusunan Indikator Ketangguhan Sosial dan Ekonomi pada Konsep Desa Tangguh Sosial dan Ekonomi DIY

Rabu, 21 Agustus 2019 15:57 WIB


           Badan Kesatuan Berbangsa dan Politik DIY pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Ketahanan Ekonomi tentang Penyusunan Indikator Desa Tangguh Sosial Ekonomi. Dalam Sambutan pembukanya, Kepala Badan Kesbangpol DIY, Bapak Agung Supriyono, SH menyampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Badan Kesbangpol DIY adalah cipta kondisi ketahanan ekonomi dan sosial di wilayah DIY, termasuk dalam mengidentifikasi dan mengantisipasi potensi konflik dan kerawanan lain yang dapat mengganggu ketahanan ekonomi dan sosial DIY. Karena itulah Badan Kesbangpol DIY melalui tim Pokja Ketahanan Ekonomi sedang mendorong Desa Tangguh Sosial Ekonomi (Destasosek).

          Rakor Monev Pokja Ketahanan Ekonomi DIY ini dihadiri kurang lebih  50 orang yang terdiri anggota Pokja dan juga berbagai delegasi dari desa, pendamping desa, manajemen BUMDesa dan juga Lembaga-lembaga pemberdayaan desa dari kabupaten kota di wilayah DIY. Rakor yang bertujuan untuk mengidentifikasi indikator apa saja yang menjadi pengukuran sebuah desa dikatakan Tangguh sosial dan ekonomi ini menghadirkan tiga orang pemantik diskusi, yaitu Kepala Badan Kesbangpol DIY, Tenaga Ahli Ketahanan Ekonomi DIY, Cahyadi Joko Sukmono yang memaparkan konsepsi dan alur proses perumusan Destasosek, serta Kepala Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi yang menceritakan praktik baik Desa Panggungharjo.

          Desa Tangguh adalah desa yang memiliki sistem ketangguhan, yaitu kemampuan untuk melakukan tatakelola kolaboratif dalam mengoptimalkan peluang dan potensi untuk terwujudnya ketahanan sosial dan ekonomi desa,” demikian yang disampaikan Pak Cahyadi dalam paparannya. Lebih lanjut Pak Cahyadi juga menyampaikan kategori indikator Destasosek meliputi Indikator Ekonomi, Indikator Sosial dan Lingkungan, serta Kapasitas Desa.

         Pemantik diskusi berikutnya adalah Wahyudi Anggoro Hadi Kepala Desa Panggungharjo menjelaskan bagaimana proses perencanaan pembangunan yang dijalankan di Panggungharjo yang memiliki visi menciptakan pemerintahan yang bersih dan bertanggungjawab untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Desa Panggungharjo. Desa Panggungharjo merupakan desa yang telah memiliki indikator-indikator sebagai desa Tangguh sosial dan ekonomi seperti yang menjadi bahasan dalam rakor. Hal ini karena kepala desa telah mengenali dan membangun kapasitas desa yang menjadi enabler terbentuknya sistem ketangguhan, yaitu kapasitas politik dan kepemimpinan, kapasitas birokrasi, dan kapasitas sosial.Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat menjadi pijakan bagi semua pihak untuk mendorong desa menjadi solusi dalam menciptakan ketangguhan ekonomi dan sosial di DIY.



Share Halaman ini