BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Lomba Karya Tulis

Kamis, 18 Agustus 2016 11:32 WIB


Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 71 Tahun 2016, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Lomba Karya Tulis bertema “Narasi Nasionalisme dari Perspektif Generasi Muda”. Dalam tulisan ini diharapkan generasi muda dapat memaparkan pemikirannya tentang apa arti dan makna nasionalisme dari perspektif generasi muda. Apakah rasa nasionalisme masih penting untuk dipupuk ditengah situasi dan kondisi bangsa saat ini? Dan bagaimana implementasi rasa nasionalisme yang paling sesuai untuk kapasitas dan kharakter generasi muda Indonesia.

Melalui tulisan-tulisan dari, oleh dan untuk generasi muda, harapannya dapat semakin menggugah kesadaran akan arti penting dan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda Indonesia, yang sejatinya merupakan tulang punggung dalam menciptakan kemajuan pembangunan bangsa dan negara, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang berdasarkan Pancasila, sebagai konsensus dasar bangsa Indonesia

Pengiriman karya tulis dilakukan pada 1 Juni 2016 sampai dengan 12 Agustus 2016, terbuka untuk mahasiswa D3, S1 dan S2 dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di DIY, dan sampai batas waktu yang ditentukan terdapat 30 buah karya tulis yang dikirimkan ke Badan Kesbangpol DIY. Setelah dilakukan penyeleksian dan penilaian oleh Dewan Juri yang terdiri dari Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Forum Pembauran Kebangsaan DIY dan Badan Kesbangpol DIY, ditentukan ke enam pemenang lomba karya tulis. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Agustus 2016 dalam acara Tirakatan Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia DIY Tahun 2016 bertempat di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY. 

Berikut adalah nama-nama pemenang beserta judul karya tulis : 

 

NAMA PEMENANG LOMBA KARYA TULIS

 

NO.

NAMA

PERGURUAN TINGGI

JUDUL      KARYA TULIS

JUARA

1.

Maman Suratman

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Meneguhkan Kembali Nasionalisme Bangsa Indonesia : Menggagas Pendidikan Sebagai Ruang Perubahan Sosial

I

2.

Ekamara Ananami Putra

Universitas      Gadjah Mada

Gerakan Sosial dan Kewirausahaan Aktualisasi Nasionalisme    Generasi Muda

II

3.

Muhammad Budi Setyoputro

Universitas Pembangunan Nasional Veteran

Memupuk Jiwa Nasionalisme      dari Yogyakarta

III

4.

Amrina Rosyada

Universitas      Gadjah Mada

Menyulut Api pada Suluh Nasionaslime Jarak Jauh

Harapan I

5.

Roseno Hendratmojo

Universitas  Gadjah Mada

Memaknai Semangat Nasionalisme dan Kontekstualisasi Pancasila      di Era Globalisasi

Harapan II

6.

Wahyu Dewanti

Universitas      Ahmad Dahlan

Indonesia Rasa Korea : Penjajahan Budaya Generasi Muda Masa Kini

Harapan III

      



Share Halaman ini