BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Komunikasi Lintas Budaya

Jumat, 27 September 2019 08:59 WIB


               Dalam rangka menjaga kondusifitas di Daerah Istimewa Yogyakarta serta upaya mengelola potensi konflik yang disebabkan oleh adanya perbedaan suku, budaya, agama dan ras yang muncul dari mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, Badan Kesbangpol DIY melakukan training pengkaderan melalui kegiatan “Komunikasi Lintas Budaya ” dengan sasaran peserta adalah perwakilan 15 asrama mahasiswa yang ada di DIY. kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang komunikasi bagi penghuni asrama untuk bisa berbaur dan belajar bersama melalui media budaya. Seluruh peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan menginap di rumah penduduk setempat selama kegiatan berlangsung (live in). Melalui mekanisme tersebut diharapkan para peserta dapat mengerti dan memahami budaya dan kearifan masyarakat desa. Peserta pelatihan juga diajarkan bagaimana mahasiswa mampu membangun kecerdasan holistik yang meliputi kecerdasan intelektual, kinestetis, emosional, dan sipiritual. Konsep ini dibuat agar antara masyarakat lokal dan para mahasiswa dari luar daerah bisa saling belajar berkomunikasi bersama agar batas-batas yang sering dibuat (eksklusivitas) tidak ada lagi. Diakhir kegiatan para peserta menampilkan beberapa tarian dari beberapa daerah dan peserta yang menampilkan tarian tersebut berasal dari daerah yang berbeda , konsep ini dipilih agar para peserta bisa belajar budaya dari daerah lain, dengan proses yang singkat peserta dituntut untuk bisa bekerjasama sehingga mampu menampilkan penampilan yang menarik.

             Diharapkan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini nantinya mampu menjaga DIY agar lebih aman dan nyaman untuk di tinggali dan meminimalisir adanya potensi konflik. Selain itu diharapkan para lulusan dari kegiatan pelatihan ini akan mampu menjadi kader Bhinneka Tunggal Ika yang toleran akan perbedaan

              Kegiatan Komunikasi Lintas Budaya ini mengambil tema  “Membangun kecerdasan holistik bagi kader Bhinneka Tunggal Ika” dan diikuti oleh 60 orang dari asrama mahasiswa yang berasal dari berbagai suku dan agama di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Ketingan, Sleman dari tanggal 19 September–21 September 2019. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Kesbangpol DIY dengan Laboratorium Filsafat Nusantara (Lafinus) UGM.



Share Halaman ini