BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Badan Kesbangpol DIY Menggelar Sarasehan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Selasa, 22 Juni 2021 14:42 WIB


 

Senin Pon, 21 Juni 2021, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DIY dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat terkait Covid-19, menggelar kegiatan bertajuk Sarasehan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Griya Kresna Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam berbangsa dan bernegara dengan memperingati Hari Lahir Pancasila di Bulan Juni sekaligus respons atas tantangan eksistensi Pancasila di Tahun 2021 dan masa mendatang.

Terkait perkembangan fenomena politik, sosial, ekonomi dan budaya di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan ini, seperti fenomena pertikaian antar kelompok, konflik antar identitas, diskriminasi, kasus intoleransi keberagaman keyakinan agama menjadi berita yang cukup sering muncul di linimasa. Isu-isu yang lebih laten seperti pembangkangan ideologi, antipati terhadap produk-produk budaya lokal, hingga kebencian terhadap perbedaan semakin lama semakin kental tumbuh di tengah masyarakat. Fenomena tersebut termanifestasi secara nyata, dengan memudarnya wawasan kebangsaan, memudarnya nasionalisme, memudarnya patriotisme. Lunturnya tiga hal ini disinyalir cepat atau lambat akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mundur secara peradaban di tengah kemajuan zaman, zaman semakin maju namun peradaban suatu bangsa bisa jadi mundur. Sehubungan dengan hal tersebut maka kegiatan ini hadir sebagai sarana dialog retrospektif-prospektif guna merumuskan bagaimana cara yang efektif menyampaikan Pendidikan nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan hingga termanifestasi di tengah semua lapisan masyarakat, insan tanah air Indonesia, khususnya generasi muda.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY, Bapak Dewo Isnu Broto Imam Santoso, S.H. membuka rangkaian kegiatan Sarasehan Pancasila sekaligus menyampaikan paparan yang menjadi pemantik dialog. Bakesbangpol DIY secara terhormat menghadirkan narasumber antara lain: Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A(K).,  beliau merupakan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan anggota Parampara Praja DIY; Bapak Eko Suwanto, S.T., M.Si., selaku ketua Komisi A DPRD DIY; dan Bapak Drs. Agus Wahyudi, M.Si., MA, Ph.D dari Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada. Peserta pada kegiatan ini terdiri dari total 30 perwakilan dari dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Daerah DIY, Pemkab/Pemkot, POLDA DIY, Korem 072/PMK, Universitas-unirvesitas, dan forum-forum organisasi masyarakat di DIY. (WSG, 2021)



Share Halaman ini