BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Sosialisasi Bahaya Narkoba Dalam Rangka P4GN oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY

Selasa, 24 Agustus 2021 09:16 WIB


 

Yogyakarta – Bidang Ketahanan Sosial Budaya dan Ekonomi Subbidang Ketahanan Sosial dan Budaya Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY mengadakan kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dalam rangka P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika ) pada hari Senin, 23 Agustus 2021 secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Adapun kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.30 WIB dan diikuti kurang lebih 25 orang peserta dari mahasiswa perguruan tinggi di Bantul.

Sosialisasi Bahaya Narkoba diharapkan dapat menekan penyalahgunaan narkoba dikalangan mahasiswa DIY dan mengarahkan mahasiswa untuk melakukan hal – hal yang positif. Selain itu diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan untuk mengampanyekan bahaya narkoba dilingkungan sekitarnya. Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bapak Dewo Isnu Broto Imam Santoso, S.H. dan materi diisi oleh 2 narasumber dari Konselor Adiksi Bapak Boni Yogi Rusdi Nainggolan dan dari PT. Mitra Optima Talenta Ibu Veny Hidayat, M.Psi, Psikolog.

                                                         

Bapak Boni Yogi Rusdi Nainggolan meyampaikan materi tentang jenis narkoba, efek dan bahaya narkoba, serta cara pemulihan dari narkoba. Jenis narkoba sendiri dibagi menjadi 3 golongan, antara lain golongan pertama yaitu Ganja, Opium, Koka, Heroin, dan MDMA. Golongan kedua biasanya untuk pengobatan di dunia kesehatan dimana pemakaiannya harus memakai resep dokter, jenis golongan kedua ini berupa Morfin, Fentanil, Metadon. Golongan ketiga biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan dan terapi, contoh jenis narkoba dari golongan ini yaitu Codein, Bufre, dan lain-lain. Efek dari mengonsumsi narkoba berbeda-beda tergantung jenisnya, biasanya orang yang mengonsumsi narkoba susah tidur, gelisah, mengalami halusinasi, dan lebih parahnya seseorang tersebut menjadi paranoid. Proses pemulihan seseorang yang sudah kecanduan narkoba dimulai dari pre kontemplasi, kontemplasi, preparasi, aksi, dan terakhir relapse. 

Sedangkan, Ibu Veny Hidayat, M.Psi, Psikolog dalam kegiatan sosialisasi ini memberikan motivasi kepada peserta untuk menemukan potensi diri agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. Beliau menekankan bahwa menemukan potensi diri merupakan kunci kesuksesan seseorang.

 



Share Halaman ini