BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

ABSTRAKSI NASKAH JUARA II LOMBA KARYA TULIS WAWASAN KEBANGSAAN BADAN KESBANGPOL DIY

Senin, 22 Agustus 2016 13:00 WIB


Gerakan Sosial dan Kewirausahaan:

Aktualisasi Nasionalisme Generasi Muda*

Oleh : Ekamara Ananami Putra**

Abstrak

 

Pemuda merupakan kelompok masyarakat yang penting dalam sebuah komunitas bangsa. Tidak hanya karena berdasarkan faktor biologis (usia) yang mempengaruhi, tetapi lebih dari itu pemuda diasosiasikan dengan jiwa dan semangat perubahan, yang penuh dengan daya kritis, inovatif, kreatif serta lebih tanggap dan berani mengambil risiko ketimbang kelompok masyarakat yang lain. Pada era yang semakin terbuka dan kompetitif ini, sebagai akibat langsung dari globalisasi dan modernisasi, pemuda Indonesia dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman tersebut. Pada saat yang bersamaan, pemuda sebagai agen perubahan sekaligus pemimpin masa depan, maka harus mengerti dengan kondisi bangsa dan negara dengan jiwa nasionalisme kuat. Keterlibatan aktif pemuda dalam gerakan sosial dan beragam kegiatan kompetisi kewirausahaan, ternyata mampu menjadi ajang generasi muda untuk mengartikulasikan nasionalisme sesuai dengan yang mereka ketahui dan pahami.

Nasionalisme tidak lagi berbicara berjuang secara fisik untuk melawan penjajahan bangsa asing, mengangkat senjata atau bambu runcing seperti pada masa lalu. Tetapi, aktualisasi nasionalisme oleh generasi muda dilakukan lewat beragam kegiatan yang jauh dari suasana dan hiruk-pikuk peperangan fisik, dentuman senjata dan meriam serta tipu muslihat untuk menghancurkan lawannya. Nasionalisme masa kini, mengutamakan dan mengandalkan daya pikir, daya kreatif, strategi cerdas, aksi inovatif dan tindakan taktis-solutif dalam rangka turut memecahkan permasalahan masyarakat. Dalam pengamatan penulis, setidaknya ada dua bentuk nasionalisme baru yang dijalankan oleh pemuda pada masa kini. Kedua bentuk tersebut ialah pemaknaan baru (aktualisasi) atas nasionalisme yang tidak bersifat retoris belaka. Aktualisasi nasionalisme itu dapat kita perhatikan dari aktivitas dan kegiatan pemuda khususnya di kalangan mahasiswa sebagai representasi par execellence dari kaum muda. Dua bentuk aktualisasi nasionalisme itu ialah dengan aktif dalam gerakan-gerakan sosial dan berkutat dalam dunia kewirausahaan sosial.

 

Kata kunci: nasionalisme, pemuda, gerakan sosial, kewirausahaan.

 

* Juara II Lomba Karya Tulis Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol DIY dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 Tahun 2016.

** Tentang Penulis : Penulis adalah mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM 2011. Lahir di Bogor, pada tanggal 16 Oktober 1993, penulis pernah menjadi pengurus dalam berbagai organisasi kampus antara lain sebagai Koordinator Bidang Khusus Forum Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (Forkom UKM) UGM periode 2011 – 2012, Sekretaris Jenderal Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UGM periode 2014 – 2015, Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UGM periode 2014 – 2015, dan Ketua Bidang Penelitian, Pengembangan Wacana dan Kepustakaan HMI Cabang Bulaksumur Sleman periode 2015 – 2016.  Untuk saat ini penulis aktif dalam organisasi kampus sebagai Anggota Jamaah Muslim Fisipol (JMF) UGM dan Anggota Koperasi “Kopma” UGM.

?

 

 



Share Halaman ini