BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Menjalin Sinergi dan Meningkatkan Peran Serta Ormas/LSM dan Orpol dalam Menyukseskan Pilkada

Rabu, 07 September 2016 09:15 WIB


Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada bulan Februari 2017 merupakan salah satu implementasi dari kedaulatan rakyat. Dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2017 mendatang, Ormas/LSM dan Orpol tentu memiliki peran penting dalam mengajak masyarakat untuk memberikan hak suaranya dalam Pilkada Serentak 2017 serta dalam upaya menjaga kondusivitas wilayah. Ormas/LSM dan Orpol juga diharapkan mampu berperan aktif dalam berbagai kegiatan kepengawasan Pilkada Serentak 2017. Diharapkan berbagai gerakan moral yang dilakukan oleh Ormas/LSM maupun Orpol dalam rangka pencegahan pelanggaran Pilkada Serentak 2017, bisa mewujudkan Pilkada yang Luber dan Jurdil.

Keterlibatan dan pengaruh Ormas/LSM dan Orpol pada setiap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terasa sangat penting. Dengan sumber daya berupa pengaruh pimpinan, kiai, anggota dan amal usaha di berbagai bidang, Ormas/LSM dan Orpol memiliki daya pikat luar biasa. Di lain sisi, Ormas/LSM dan Orpol juga memiliki jaringan organisasi yang mapan mulai pusat, wilayah, daerah, kecamatan, hingga desa dan kelurahan. Pimpinan Ormas/LSM dan Orpol diharapkan dapat mengajak masyarakat melek politik dan menjadikan masyarakat sebagai pemilih yang cerdas dan rasional. Di ujung pilihan masyarakat itulah masa depan suatu daerah ditentukan. Karena itu, pimpinan Ormas/LSM dan Orpol tidak boleh terjebak dalam kepentingan politik praktis dalam pilkada dengan menggadaikan kehormatan Ormas/LSM dan Orpol dengan kepentingan jangka pendek. Ormas/LSM dan Orpol harus ikut mendukung suasana ketentraman dan menjauhkan diri dari potensi ditunggani oleh pihak–pihak tertentu yang menggiring mereka untuk untuk melakukan hal-hal yang kontraproduktif dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2017.

Adanya konsolidasi dan sinergi antara Ormas/LSM dan Orpol di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi hal yang krusial tatkala mengingat kembali akan helatan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo. Masyarakat perlu untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan bertindak untuk mengubah iklim politik menjadi lebih sehat dan beretika. Oleh karena itu, upaya memperkuat aksesibilitas, partisipasi, dan respons masyarakat dalam politik perlu didukung pula oleh Ormas/LSM dan Orpol.

Berdasar paparan diatas, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik perlu untuk melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Ormas/LSM dan Orpol dalam Tahun Anggaran 2016 ini. Dalam kegiatan ini, Badan Kesbangpol DIY menggandeng beberapa mitra kerja, antara lain KPU DIY, Bawaslu DIY, Jurusan Politik dan Pemerintahan UGM dan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM untuk melakukan penguatan kapasitas bagi Ormas/LSM dan Orpol di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan Raker Ormas/LSM dan Orpol yang dilakukan pada hari Selasa, 24 Mei 2016 dengan tema “Menjalin Sinergi dan Meningkatkan Peran Serta Ormas/LSM dan Orpol dalam Menyukseskan Pilkada Serentak 2017” ini diikuti oleh 120 (Seratus dua puluh) peserta, terdiri dari:

- Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan/LSM di Daerah Istimewa Yogyakarta;

- Perwakilan Partai Politik /Organisasi Sayap Partai di Daerah Istimewa Yogyakarta;

- Perwakilan Karangtaruna dan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo
 

 

-ndn-



Share Halaman ini