BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Evaluasi Kinerja Tim Ketahanan Ekonomi dan Sosial DIY

Senin, 03 Oktober 2016 12:43 WIB


               Berdasarkan Peraturan Gubernur DIY Nomor 77 Tahun 2015 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Istimewa Yogyakarta (Kesbangpol DIY) mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam menjaga kondusifitas DIY. Untuk menjalankan tugas dan fungsinya, Bakesbangpol DIY dibagi menjadi 3 (tiga) Bidang yang salah satunya adalah Bidang Ketahanan Seni, Budaya, Agama dan Ekonomi. Salah satu subbidangnya yaitu Subbidang Ketahanan Ekonomi. Di dalam subbidang ketahanan Ekonomi terdapat Tim Ketahanan Ekonomi dan Sosial DIY yang terdiri dari berbagai instansi yang terkait dengan Ketahanan Ekonomi dan Sosial di DIY.

                Salah satu tujuan dibentuknya Tim Ketahanan Ekonomi dan Sosial ini adalah untuk Mengkoordinasikan program dan kegiatan diantara instansi-instansi yang terkait dengan ketahanan ekonomi dan sosial yang mendukung ketahanan Ekonomi dan Sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga setiap kegiatan dapat terseinergi dengan baik.

                Kegiatan dari Tim tersebut antara lain Rapat Kerja, Workshop serta Monitoring dan Evaluasi. Pelaksanaan Kegiatan sudah dilakukan sejak bulan April sampai dengan September 2016 dan sudah banyak permasalahan yang sudah didiskusikan dalam forum tersebut. Sejauh ini kinerja anggota Tim masih belum bisa terukur dan belum maksimal sehingga membutuhkan adanya evaluasi, baik evaluasi kehadiran maupun partisipasi aktif anggota tim dalam melaksanakan tugas Tim yaitu menjaga ketahanan ekonomi dan sosial di DIY.

                Diperlukan upaya agar kinerja anggota Tim bisa terukur yaitu dengan menyampaikan progres penyelesaian permasalahan yang terkait dengan ketahanan ekonomi dan sosial. Badan Kesbangpol DIY berkepentingan untuk meminimalisir adanya potensi konflik yang bisa ditimbulkan oleh adanya permasalahan ekonomi dan sosial di DIY sehingga kinerja Tim yang tergabung didalamnya menjadi sangat penting dalam cipta kondisi kondusif tersebut.

              Dalam rangka untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal sebagai upaya mewujudkan ketahanan ekonomi dan sosial di DIY, maka perlu diselenggarakan Rapat Evaluasi yang dimaksudkan untuk menerima masukkan dan arahan dari para narasumber sehingga anggota Tim bisa mempunyai gambaran yang jelas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Sehubungan dengan tujuan tersebut, Badan Kesbangpol DIY melaksanakan Rapat Kerja Tim Ketahanan Ekonomi dengan tema “Evaluasi Kinerja Tim Ketahanan Ekonomi dan Sosial Dalam Rangka Memaksimalkan Kerja Tim Demi Mewujudkan Ketahanan Ekonomi dan Sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta” yang dilaksanakan tanggal 26 September 2016 bertempat di Kantor Badan Kesbangpol DIY.



Share Halaman ini