BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

TRAINING PENDAMPING LOKAL JAGA WARGA KABUPATEN KULONPROGO

Kamis, 23 Maret 2017 15:28 WIB


Kegiatan  Training Pendamping lokal Pengembangan Jaga Warga untuk Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan pada  Rabu, tanggal 22 Maret 2017. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.30 WIB dan selesai pada pukul 12.30 WIB , bertempat  di  Balai Desa Hargorejo Kecamatan Kokap.

Dalam kegiatan training pendampingan ini , hadir  beberapa narasumber diantaranya dari :Badan  Kesbangpol DIY, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Kulon Progo , Bapak Tri Wahyudi , Tenaga Ahli jaga Warga Ibu Azizah dan Bapak Fajar Shodiq, dengan moderator  Bapak Maruto  Kasie Kesbang dari  Kantor Kesbangpol Kabupaten Kulon Progo.

Dalam sambutannya Bapak Yasrizal yang mewakili Kepala Badan kesbangpol menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang  perlu di evaluasi  kaitannya dengan jaga warga agar program tersebut bisa sampai di level RW dan perlu ditingkatkan lagi pada program kegiatan Jaga warga yang akan datang.

Selanjutnya Bapak Tri wahyudi antara lain menyampaikan,Keamanan dan ketentraman bisa didapatkan dari berorganisasi yang bermanfaat baik bagi anggota maupun bagi non anggota. Pemateri  Ibu Nur azizahantara lain menyampaikan , Jaga Warga  ikut mengelola dan mengawasi  proses upaya penguatan dan pemberdayaan warga masyarakat . Penguatan kapasitas terutama kepada perempuan . Modal untuk memperkuat Jaga Warga  yaitu sumber daya manusia, finansial, fisik, lingkungan, dan modal sosial.

Dalam paparannya Bapak Fajar menyampaikan, Jaga Warga  harus mampu menyiapkan SDM dengan potensinya dan menghindarkan dari konflik masyarakat. Kulonprogo mempunyai nilai tingkat kemiskinan ekonomi tinggi dengan persebaran presentasi tertinggi berada di Kecamatan Kokap, Girimulyo, Galur dan Wates. Kegiatan  training siang hari itu dilanjutkan dengan Tanya jawab peserta dengan narasumber , dan di akhiri dengan kegiatan pendampingan dari fasilitator Jaga Warga DIY.

   

   



Share Halaman ini