BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

LOMBA PADUAN SUARA WAWASAN KEBANGSAAN TINGKAT SMA SEDERAJAT SE-DIY Tahun 2017

Jumat, 11 Agustus 2017 11:25 WIB


Kegiatan Lomba Paduan Suara Tingkat SMA Sederajat Se-DIY dilaksanakan dengan latar belakang untuk meningkatkan kembali kecintaan siswa/siswi pada lagu Kebangsaan dan lagu  Nusantara, serta sebagai wujud Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta sesuai amanat dan implementasi Pasal 3 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

Melalui kegiatan Lomba Paduan Suara Tingkat SMA Sederajat se-DIY ini, diharapkan siswa/siswi lebih mencintai dan bangga akan kekayaan budaya Indonesia diantaranya lagu kebangsaan dan lagu Nusantara Indonesia. Serta meningkatkan kerukunan sosial, mendorong/mempercepat proses pembauran dalam bingkai kebhinekaan, serta memperkuat solidaritas sosial dalam mengatasi perkembangan zaman.

Kegiatan lomba paduan suara dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 8-10 Agustus 2017. Bertempat Ruang Rapat B badan kesatuan bangsa dan politik DIY yang dibuka langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik pada pkl 09.00 WIB hari selasa tanggal 8 Agustus 2017.

Kegiatan Lomba paduan suara dibagi beberapa tahapan, yaitu : Tahapan pendaftaran yang terdiri dari 25 kelompok pendaftar. Tahapan babak penyisihan peserta terdiri  dari 15 kelompok paduan suara, dikarenakan 10 kelompok pendaftar lainnya mengundurkan diri. Tahapan babak semifinal peserta terdiri dari 10 kelompok, hasil  dari babak penyisihan. Tahapan babak final terdiri dari 5 kelompok, hasil dari babak semifinal.

Pada tahapan babak final ada 5 kelompok paduan suara yang lolos, yaitu :

  1. SMA Bopkri I Yogyakarta
  2. SMAN 9 Yogyakarta
  3. SMKN I Wonosari
  4. SMAN 2 Wonosari
  5. SMAN I Godean

Berdasarkan hasil penilaian lomba paduan suara wawasan kebangsaan tingkat SMA sederajat se-DIY sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, dewan juri yang terdiri dari

  1. A. Gathut Bintarto I., S.Sos.,S.Sn.,M.A (ISI Yogyakarta)
  2. M.G. Widyastuti, M.Sn (UNY)
  3. Novita Pratika Ismayanti, SE (Purwacaraka)
  4. Endah Prasetyani, S.Pd (Dis Dikpora)
  5. Dr. Wisnu Mintargo, M.Hum ( Pakar Musik)

Memutuskan  pemenang lomba paduan suara wawasan kebangsaan tingkat SMA sederajat se-DIY Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017, sebagai berikut :

  1. SMA Bopkri 1 Yogyakarta (Juara I Nilai 1360)
  2. SMAN 2 Wonosari (Juara II Nilai 1290)
  3. SMAN 1 Godean (Juara III Nilai 1120)
  4. SMAN 9 Yogyakarta (Harapan I Nilai 980)
  5. SMKN 1 Wonosari (Harapan II Nilai 910)

Lomba berakhir pada tanggal 10 Agustus 2017 ditutup dengan pengumuman para juara  oleh para juri dan penyerahan secara simbolis piala kepada perwakilan dari masing-masing kelompok pemenang lomba. Kemudian acara secara resmi ditutup oleh Kepala badan kesatuan bangsa dan politik DIY pada pkl 13.00 di ruang rapat B.

          



Share Halaman ini