BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Rapat Kerja Forum Pembauran Kebangsaan DIY

Senin, 30 Oktober 2017 10:09 WIB


        Karakter dan sifat manusia amat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, oleh karenanya pembentukan lingkungan yang baik amat berpengaruh terhadap pembentukan tiap individu sebagai unsur utama pembentuk masyarakat, semakain baik lingkungan dalam suatu masyarakat maka akan semakin sehat pula nilai-nilai yang akan membentuk tiap-tiap individu yang tumbuh dalam masyarakat tersebut.

        Jika hal tersebut dikaitkan dengan isu pembauran kebangsaan dan penguatan Pancasila, maka pembentukan lingkungan masyarakat yang mendukung  nilai nilai tersebut menjadi penting. Di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri telah dikembangkan model Desa Pancasila di wilayah Desa Wukirsari Imogiri Bantul yang pembinaannya bekerjasama dengan Pusat Studi Pancasila UGM, dan saat ini telah terlihat perkembangannya dalam bidang toleransi, pembauran ekonomi dengan basis kearifan lokal.

        Sehubungan dengan hal tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dengan mitra kerjanya Forum Pembauran Kebangsaan DIY menyelenggarakan Rapat Kerja dengan mengangkat Tema : “Pembelajaran Model Desa Pancasila Sebagai Upaya Pengembangan Pembauran Kebangsaan dan Penguatan Prinsip Bhineka Tunggal Ika”. Kegiatan Rapat Kerja FPK DIY dilaksanakan pada tanggal 24 November 2017 di Hotel Royal Dharmo Yogyakarta. Kegiatan dihadiri oleh Anggota FPK DIY, Anggota FPK Kabupaten/Kota se DIY, serta mahasiswa-mahasiswa lulusan Pembekalan Pembauran Kebangsaan.

        Acara ini bertujuan agar para Peserta Rapat Kerja dapat menduplikasi ataupun mengembangkan model seperti Desa Pancasila di tempat tinggalnya masing-masing untuk mempercepat Proses Pembauran Kebangsaan di DIY sehingga tercipta kerukunan antar suku dan kondusifitas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

 



Share Halaman ini