BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

FGD Tim Ketahanan Ekonomi dan Sosial

Rabu, 21 Februari 2018 12:10 WIB


           Dalam rangka penguatan ketahanan ekonomi dan sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta, Badan Kesbangpol DIY menyelenggarakan kegiatan FGD Tim Ketahanan Ekonomi dan Sosial. Kegiatan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2018 di Kantor Badan Kesbangpol DIY. Pada kegiatan tersebut mengangkat tema tentang "Sinergi Pemerintah Daerah DIY dalam Mewujudkan Ketahanan Ekonomi dan Sosial". Tema tersebut dibahas karena pada saat ini sudah ada pengukuran kondisi ketahanan ekonomi dan sosial di DIY melalui indikator-indikator yang sudah ditetapkan oleh Lemhanas melalui Pengukuran ketahanan nasional.

           Dari indikator-indikator tersebut nantinya akan digunakan untuk mengukur kondisi di DIY, sehingga semua OPD yang terkait dalam ketahanan ekonomi dan sosial bisa memaksimalkan kinerja melalui indikator-indikator tersebut. Pada FGD yang pertama kali ini Badan Kesbangpol DIY ingin menyamakan persepsi OPD-OPD terkait mengenai pengukuran yang dilakukan oleh Lemhanas. Setelah didapatkan persamaan persepsi diharapkan semua OPD terkait mampu bekerja sama dan bersinergi untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dan sosial di DIY.

           Selain sinergitas antar SKPD dalam mewujudkan kondisi ketahanan ekonomi dan sosial di DIY juga perlu untuk melibatkan stakeholder terkait, sehingga dalam pembentukan anggota Tim Ketahanan Ekonomi dan Sosial melibatkan unsur-unsur lain selain OPD yaitu dari pelaku usaha, pengamat sosial, LSM, Tokoh Perempuan, Asosiasi Ekonomi, Akademisi dll.

           Dengan keterlibatan dari berbagai unsur diharapkan ketahanan ekonomi dan sosial dapat terwujud dan sudah Saatnya Pemerintah tidak berjalan sendiri dalam penyelesaian penanganan masalah-masalah yang terjadi sehingga penangannyapun bisa lebih maksimal.



Share Halaman ini