BADAN KESBANGPOL DIY
BERITA

Menuju Demokrasi Berkelanjutan: Strategi Mempertahankan Peringkat Indeks Demokrasi Indonesia DIY

Senin, 19 Februari 2024 16:26 WIB


Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY telah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Indeks Demokrasi Indonesia yang bertempat di Hotel Grage Business Yogyakarta (Senin, 19 Februari 2024). Mengusung tema "Menuju Demokrasi Berkelanjutan: Strategi Mempertahankan Peringkat Indeks Demokrasi Indonesia DIY" kegiatan tersebut menjadi sarana diskusi interaktif baik secara luring maupun daring yang turut dihadiri perwakilan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI (Bapak Danang Binuko) maupun stakeholder dan praktisi terkait di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prestasi capaian Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Daerah Istimewa Yogyakara yang menjadi peringkat pertama nasional dengan skor 85.62 patut untuk diapresiasi dan dipertahanan pada tahun-tahun mendatang. Pada kesempatan tersebut perwakilan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI (Bapak Danang Binuko) turut menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat untuk memperkuat data dan meningkatkan pemahaman tentang demokrasi sesuai identitas budaya Indonesia.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Bapak Soman Wisnu Darma selaku Kabid. Statistik Sosial BPS Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyampaikan bahwa Indeks Demokrasi Indonesia merupakan cerminan kerja pemerintah, masyarakat, dan lembaga demokrasi dengan pengalaman penyempurnaan dari cara lama keperhitungan baru, termasuk revisi indikator, metode, dan pembobotan. Data angka IDI DIY selama 2009-2022 menunjukkan tren tinggi, namun peramalan tahun 2023 menyoroti potensi penurunan, maka dari itu diperlukan evaluasi terus-menerus dan perbaikan untuk menjaga kualitas demokrasi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

#kesbangpoldiy
#promotingtolerance



Share Halaman ini